Implementasi Unity 3D pada Game Simulasi "Ayo ke PERPUSNAS"

PERPUSNAS memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat digunakan oleh masyarakat umum. Dengan fasilitas yang sudah tersedia di PERPUSNAS, PERPUSNAS dapat membantu masyarakat dalam melakukan riset penelitian. Namun permasalahan yang dialami PERPUSNAS adalah kurangnya media informasi mengenai alur penggunaan fasilitas sehingga masyarakat tidak bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di PERPUSNAS dengan maksimal. Game “Ayo ke PERPUSNAS” ini bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai alur penggunaan fasilitas di PERPUSNAS. Dalam pembuatan game “Ayo ke PERPUSNAS” ini metode yang digunakan adalah metode Game Development Life Cycle (GDLC). Dalam proses pembuatannya menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan bahasa pemograman c#. Sebanyak 86% responden menilai penyampaian informasi dapat dialakukan menggunakan media game, sebanyak 86% responden menilai setelah bermain game responden menjadi tahu mengenai alur penggunaan fasilitas monograf atau koleksi buku terbuka yang ada di PERPUSNAS, dan sebanyak 88% responden menilai game “Ayo ke PERPUNSAS” menarik.