RANCANG BANGUN APLIKASI TEMPATIN (E-COMMERCE PEMESANAN DAN PENYEWAAN RUANGAN) BERBASIS ANDROID

Kegiatan penyewaan ruangan saat ini mulai berkembang berkat berkembangan teknologi. Dengan ide dan inovasi, penyewaan ruangan dapat diubah menjadi sangat mudah dalam bentuk aplikasi, sehingga orang yang ingin menyewa ruangan dapat diarahkan secara langsung dengan ke ruangan yang ingin mereka gunakan. Banyak perusahaan telah menerapkan aplikasi menyewa ruangan untuk sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, seperti ruang kerja kolaboratif dan gedung pertemuan. Namun, tidak ada bentuk aplikasi yang berlaku di ruang kosong seperti rumah, dan toko/ruko yang dapat digunakan untuk kegiatan. Permasalahan ini juga dirasakan oleh orang lain. Dengan penelitian ini, dirancanglah aplikasi yang dapat menghubungkan merchant ruangan dan customer ruangan bernama ‘TEMPATIN’. Di aplikasi tersebut, customer dapat melihat detail ruangan dengan kriteria tambahan, seperti rumah dan bangunan lainnya seperti restauran ataupun ruko. Aplikasi juga mendukung pembayaran lewat payment gateway, sehingga mempermudah proses pembayaran. Untuk membuktikan bahwa aplikasi diterima end user, maka dilakukan user acceptance test menggunakan System Usability Scale (SUS). Didapat bahwa aplikasi mendapatkan grade ‘B’ ketika dinormalisasi menjadi Curved Grading Scale dan termasuk dalam kategori ‘Good’ dalam Adjective Rating Scale, yang berarti aplikasi ini berhasil memenuhi standar kebergunaan oleh pengguna.