Desain Antarmuka Dan Pengalaman Pengguna Aplikasi Gamifikasi Hafalan Al-Quran Berbasis Android

Memiliki hafalan Al-Quran merupakan suatu hal yang utama dalam melakukan ibadah sehari-hari sebagai muslim maupun muslimah. Hasil survey dan wawancara diidentifikasi sebagai permasalahan adalah pengaruh media sosial yang menyebabkan responden terhambat dalam hafalan Quran, keterbatasan waktu dan konsistensi serta motivasi untuk hafalan Al-Quran. Tujuan penelitian ini adalah membuat dan mengusulkan ide solusi dengan menerapkan gamifikasi dalam desain aplikasi hafalan Al-Quran. Metode yang digunakan penelitian ini adalah design thinking yaitu mengumpulkan dan mengidentifikasi data temuan, mendefinisikan dan mengembangkan ide solusi, implementasi ide solusi ke bentuk desain protoype serta melakukan pengujian dan evaluasi desain aplikasi. Hasil pengujian desain aplikasi gamifikasi hafalan Al-Quran dilakukan oleh 25 responden usability testing menghasilkan 90,5% tingkat keberhasilan dan memperoleh nilai skor usability testing desain 1 yaitu 68 dan desain 2 yaitu 59. Kemudian nilai skor system usability scale sebesar 88 sehingga desain aplikasi dapat diterima dan mudah untuk digunakan.