PEMBUATAN ASET DAN COMPOSITING DALAM VIDEO CAMPAIGN ANIMASI “PERAN PEMUDA MENGHADAPI BONUS DEMOGRAFI”

Pada tahun 2030-2040, Indonesia di prediksi akan mengalami masa bonus demografi. Masa di mana akan terjadi ledakan jumlah penduduk dengan usia produktif. Penduduknya akan didominasi oleh masyarakat dengan usia 15-64 tahun. Masa ini merupakan masa yang hanya akan dialami satu kali oleh setiap negara. Pada masa ini, negara tersebut dapat meningkatkan kualitas negaranya dalam berbagai sektor. Hanya saja keberhasilannya tergantung seperti apa persiapan yang dilakukan oleh negara tersebut untuk menghadapinya. Dalam kebijakannya, Kementerian PPN berpendapat bahwa penduduk dengan usia produktif tersebut dapat berpotensi memberbesar peluang keberhasilan yang akan kita dapatkan dan dapat mengoptimalkannya. Dengan melakukan sosialisasi yang menarik melalui sebuah campaign pada media digital, para pemuda ini diharapkan akan lebih memahami apa itu Bomus Demografi dan tahu apa saja yang harus mereka lakukan dalam upaya memperbesar peluang ini. Campaign yang yang berjudul “Peran Pemuda Menghadapi Bonus Demografi” akan berupa video berbasis animasi. Penelitian ini juga akan menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Lutheer-Sutopo.