Pembuatan Game Edukasi 3 Dimensi Pada Aplikasi Troubleshoot Kendaraan Roda Empat "OTOKU" Berbasis Android

Perkembangan teknologi multimedia berperan penting dalam memberikan suatu informasi, hiburan dan pembelajaran mengenai permasalahan yang terjadi pada mobil. Hal ini berkaitan erat dengan penggunaan teknologi multimedia sebagai media edukasi yang dikemas dengan tampilan dan fitur yang menarik. Media edukasi dengan game 3D memberikan informasi mengenai bagian mesin, komponen dan permasalahan umum mobil dengan representasi visual 3D. Dengan pola learning by doing, penggunaan game dapat meningkatkan logika berpikir dan pemahaman pemain dengan bermain sekaligus belajar. Game ini dibuat 2 jenis, yaitu game kuis dan game simulasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu membuat game edukasi 3D “OTO Garage Simulation”. Game engine yang digunakan Unity 3D dengan bahasa pemograman C#. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Multimedia Life Cycle Development (MDLC) versi Luther–Sutopo. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala Likert dengan 4 butir pilihan, sehingga didapat 34 responden dengan target pemain pemilik dan pengemudi mobil usia 17 – 40 tahun. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, sebanyak 94% responden menilai bahwa media edukasi sudah menarik dan dapat digunakan sebagai media edukasi tentang. Hasil penelitian ini adalah produk multimedia game dengan format .APK untuk dapat dilakukan instalasi pada platform device dengan sistem operasi Android.