Pembuatan Animating dan Lighting untuk Video Campaign Animasi “Peran Pemuda Menghadapi Bonus Demografi”

Indonesia akan mengalami masa bonus demografi di tahun 2020-2030. Masa bonus demografi merupakan masa dimana jumlah penduduk berusia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibandingkan penduduk berusia nonproduktif (kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun). Masa bonus demografi ini dapat menjadi keberhasilan atau kegagalan bergantung dengan persiapan yang dilakukan masyarakat dan pemerintah. Menurut Kementerian PPN, penduduk usia muda dengan rentang usia produktif (15 - 25 tahun) memiliki peranan besar dalam mencapai potensi dari masa bonus demografi. Saat ini, video campaign merupakan sarana yang tepat untuk dijadikan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat muda. Karena selain menarik, penduduk usia muda mendapatkan edukasi dan imbauan yang ada dalam video campaign tersebut. Video campaign yang dibuat berjudul “Peran Anak Muda Menghadapi Bonus Demografi” ini berbasis animasi. Pembuatan 3D digunakan untuk membuat visualisasi konten. Tujuan penelitian ini yaitu membuat gerak karakter 3D dan pencahayaan yang digunakan dalam pembuatan animasi. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) versi Luther-Sutopo. Hasil kuesioner yang diisi oleh 30 responden dan diolah dengan skala Likert menunjukkan angka rata-rata 88.13%. Angka tersebut termasuk kategori sangat setuju bahwa video campaign sebagai sarana untuk menyampaikan pesan mengenai pentingnya memahami dan mempersiapkan diri menghadapi masa bonus demografi.