Pembuatan Asset 3D Karakter dan Environment Pada Video Campaign Animasi "Peran Pemuda Menghadapi Bonus Demografi"

Indonesia akan mengalami masa bonus demografi di tahun 2020-2030 dimana jumlah penduduk berusia produktif (15-64 tahun) akan lebih besar dibandingkan penduduk berusia non produktif (kurang dari 15 tahun dan lebih dari 64 tahun). Fenomena bonus demografi sendiri masih belum banyak dipahami oleh masyarakat luas. Padahal masa bonus demografi hanya dimiliki satu kali oleh suatu bangsa. Meningkatnya jumlah penduduk usia produktif saat masa bonus demografi dapat memberikan keuntungan pada berbagai sektor dan kemajuan negara. Menurut Kementerian PPN, penduduk usia muda dengan rentang usia produktif 15 – 25 tahun memiliki peranan besar saat masa bonus demografi. Saat ini video campaign merupakan sarana yang tepat untuk dijadikan sebagai media sosialisasi kepada masyarakat khususnya kaum muda. Selain menarik, masyarakat juga cenderung lebih mudah memahami informasi secara audio visual. Video campaign animasi berjudul “Peran Pemuda Menghadapi Bonus Demografi” terdiri dari gabungan infografis dan animasi yang didominasi oleh asset 3D. Tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah membuat asset 3D baik karakter dan environment dalam video campaign animasi. Berdasarkan pengujian beta, didapatkan hasil keseluruhan penilaian dengan presentase sebesar 77,34% dengan kategori “Setuju”. Hal ini membuktikan bahwa keseluruhan asset 3D karakter dan environment sudah dapat dikatakan menarik, sesuai dengan jalan cerita, dan dapat meningkatkan pemahaman mengenai bonus demografi.