PEMBUATAN ASSET DAN MODELING 3D LABORATORIUM VIRTUAL TEKNOLOGI VIDEO

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Laboratorium Virtual Video yang akan membantu mahasiswa untuk memahami dasar-dasar penggunaan kamera dan teknik- teknik pengambilan angle kamera, shot kamera dan pergerakan kamera, sehingga di masa COVID 19 saat ini, mata kuliah videografi bisa di praktekan dengan cara virtual. Manfaat dari penelitian ini adalah Sebagai solusi untuk mempermudah pemahaman tentang materi pembelajaran kamera pada metode pembelajran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Luther (Binanto, 2012). Luther mendefinisikan Langkah-langkah pengembangan perangkat lunak multimedia dengan 6 tahapan, yakni konsep (concept), perancangan (Design), Pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), test (testing), dan distribusi (distribustion). Hasil dari penelitian ini berbentuk aplikasi media pembelajaran Laboratorium Virtual Video yang berbasis aplikasi desktop, sehingga aplikasi ini bisa digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan praktek matakuliah Videografi. Dari hasil pengujian aplikasi dengan mengunakan quisioner pertanyaan kepada 10 responden dan demo aplikasi, 83% user mengatakan kesesuaian asset yang ada pada aplikasi sudah sesuai. jadi asset yag di gunakan sudah cukup sesuai.