RANCANG BANGUN APLIKASI LOYALTY KEDAI KOPI DAN SISTEM REKOMENDASI PRODUK DENGAN METODE APRIORI BERBASIS ANDROID

Pertumbuhan kedai kopi di Indonesia meningkat pesat, dimana ada 2950 gerai pada kuartal ke-tiga tahun 2019, data ini meningkat tiga kali lipat dibandingkan pada tahun 2016. Konsumsi domestik kopi di Indonesia ini pun meningkat sebesar 13,9 persen pertahun melebihi rata-rata dunia yaitu 8 persen. 6 dari 10 orang juga menjawab suka membeli kopi kekinian seperti kedai coffee to go. Lumos Coffee adalah salah satu kedai yang berbasis coffee to go, dengan tingginya saingan dan kekhawatiran dari pihak Lumos terhadap loyalitas pelanggan maka dibangunlah aplikasi loyalty dimana data pelanggan dapat dimiliki oleh pihak Lumos serta sistem rekomendasi sebagai informasi terhadap produk-produk yang ada di Lumos Coffee. Aplikasi yang dibuat membuat customer dapat melakukan klaim transaksi terhadap transaksi yang sudah mereka lakukan secara on-site, serta sistem rekomendasi yang berfungsi menampilkan produk terkait terhadap transaksi yang mereka lakukan. 3 dari 4 kali pengujian model berhasil menerapkan sistem rekomendasi berdasarkan aturan asosiasi yang dibangun dengan metode apriori. Pengujian fitur yang dilakukan dari 45 case pun lolos sebanyak 41 case atau sebesar 91,1 persen.