RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS TINGKAT STRES SISWA SD PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MASA PANDEMI DENGAN METODE CERTAINTY FACTOR BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS SD WIDYA DUTA KELAS 4 – 6 SD)

Pembelajaran jarak jauh di masa pandemi ini membuat pelajar di Indonesia mengalami rasa jenuh dan rasa tertekan, terutama anak usia jenjang SD. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya stres. Data yang diperoleh dari survei penilaian cepat yang dilakukan oleh Satgas Penanganan Covid-19 (BNPB, 2020) menunjukkan bahwa 47% anak Indonesia merasa bosan di rumah, 35% merasa khawatir ketinggalan pelajaran, 15% anak merasa tidak aman, 20% anak merindukan teman-temannya, dan 10% anak merasa khawatir tentang kondisi ekonomi keluarga. Penelitian ini bertujuan menyusun sebuah sistem pakar yang digunakan untuk diagnosis tingkat stres, dimana pengguna bisa mendiagnosis sendiri berdasarkan gejala yang dirasakannya. Aplikasi dirancang berbasis web, Aplikasi ini akan menirukan keahlian dari pakar (Psikolog Anak dan Remaja) dengan metode Certainty Factor untuk memberikan ouput berupa tingkat stres, penyebab dan solusi.