Rancang Bangun Aplikasi Gamifikasi untuk Hafalan Al-Quran Menggunakan Audio Fingerprint berbasis Android

Bagi umat Islam, Menghafal Al-Qur'an adalah salah satu keutamaan dalam mengamalkan kitab suci Al-Qur’an, seseorang biasanya akan menghafal setelah mereka bisa baca Al-Quran dengan lancar. Biasanya seseorang memulai menghafal Al-Qur'an dimulai dari surah Al-Qur'an yang terakhir, karena jauh lebih mudah untuk menghafal dan dapat langsung di praktekan dalam ibadah. Masalah nya adalah bagaimana mereka bisa menghafalnya tanpa merasa bosan dan termotivasi?, Solusi nya adalah pembelajaran dengan sistem gamifikasi. Dengan sistem gamifikasi mereka dapat termotivasi dan ingin menghafal secara terus menerus dengan cara yang menyenangkan. Sistem gamifikasi memberikan hadiah setelah mereka menyelesaikan misi tantangan, dan dapat melihat hasil poin yang di peroleh orang lain. Dalam menghafal perlu pengecekan apakah hafalan orang tersebut sudah benar atau tidak, muncul. pertanyaan bagaimana sistem dapat mengecek hafalan tersebut? Audio Fingerpeint adalah salah satu solusi nya. Sidik jari Audio berfungsi sebagai pembanding bacaan pengguna dalam bentuk rekaman dengan qori terverifikasi dalam bentuk audio dan dapat dianalisa persamaan nya, Sehingga dapat mengecek hafalan dalam bentuk bacaan orang itu sesuai atau salah jika dibandingkan dengan bacaan qori. Dalam tulisan ini, semoga aplikasi tersebut dapat membantu penghafal Al-Qur’an untuk menghafal Qur'an tanpa merasa bosan, selalu ingin